Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Maket Diorama?

SEMESTA CIPTA | Produsen Maket Diorama

Jl. RE Martadinata No. 9, Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan
0812-8881-3841

 Maket atau miniatur atau diorama adalah bentuk tiruan suatu objek yang dapat dibuat dari bahan-bahan seperti plastik, kertas, kayu dan bahan lain yang mudah dibentuk. Adapun pembuatan maket memiliki beberapa fungsi atau manfaat bagi perusahaan, antara lain:



1. Memberikan Visualisasi yang Lebih Jelas

Perusahaan membutuhkan maket untuk membantu visualisasi yang lebih baik terkait desain, objek atau bangunan. Hal ini karena maket dihadirkan dalam bentuk tiga dimensi dengan skala yang bisa disesuaikan.

Skala yang paling umum untuk sebuah maket adalah 1:100 atau 1:50 dan 1:20. Anda dapat menyesuaikan dengan kompleksitas objek yang ingin ditampilkan.

2. Membantu Perencanaan Proyek

Alasan lainnya mengapa perusahaan perlu menggunakan maket adalah mempermudah pekerjaan arsitek atau desainer. Dengan maket 3 dimensi, perusahaan dapat menguji desain sebelum mulai ke tahap pembangunan.

3. Memfasilitasi Komunikasi dengan Pihak Terkait

Perusahaan dapat membuat maket untuk media presentasi terkait rencana pembangunan atau renovasi kepada pihak-pihak terkait. Misalnya untuk para klien, investor, pihak berwenang dan lain-lain.

Maket mempermudah orang-orang untuk memahami suatu desain dengan lebih baik dibanding hanya gambar dua dimensi. Terlebih untuk rencana proyek yang memerlukan desain hingga bagian paling detail.

4. Mengurangi Risiko Kesalahan

Perusahaan sebaiknya membuat maket untuk mengurangi risiko kesalahan antara rencana desain dengan konstruksi air. Dengan bantuan maket, maka para desainer dan pihak-pihak yang terlibat dapat melihat lebih jelas bagaimana tampilan desain dalam bentuk tiga dimensi.

Ini memungkinkan perusahaan untuk bisa mengoreksi rencana desain sebelum pembangunan dimulai. Mengurangi risiko ketidakcocokan dan ketidakpuasan terhadap proyek pembangunan.

5. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Banyak perusahaan yang menggunakan jasa pembuatan maket untuk presentasi rencana proyek mereka kepada pihak terkait. Fungsi maket dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan klien, investor dan pihak yang terlibat dalam proyek tersebut.

Perusahaan dapat meyakinkan investor dengan menghadirkan maket yang bagus dan berkualitas. Jadi, investor dapat melihat gambaran hasil akhir dari proyek yang akan dikerjakan dengan lebih jelas.